Saturday, August 15, 2009

etiket dan tata cara pergaulan 1

Kali ini saya mau sedikit berbagi tentang etiket dan tata cara pergaulan. Semoga bermanfaat.

Definisi etiket menurut webster dictionary : "Persyaratan umum, mengenai tingkah laku dalam pergaulan, sikap-sikap wajar yang telah diterima oleh masyarakat dalam tiap-tiap tingkatan pada pertemuan-pertemuan atau untuk tiap-tiap keadaan. Tata cara yang telah ditentukan atau diterima, ataupun kebiasaan-kebiasaan dalam upacara-upacara, pada kesempatan-kesempatan resmi, atau dalam masyarakat beradab pada umumnya".

Pengetahuan mengenai etiket dan tingkah laku yang baik membawa banyak sekali keuntungan bagi kita. Ia akan menimbulkan perasaan yang nyaman dan aman di dalam diri kita. Kita akan mempunyai kepercayaan pada diri sendiri yang akan menimbulkan harga diri, menghilangkan perasaan ragu-ragu bila kita melakukan atau mengatakan sesuatu karena kita yakin bahwa apa yang kita lakukan itu adalah benar dan wajar menurut standar yang berlaku dalam masyarakat. Tingkah laku yang baik ini tentu membuat seseorang menjadi lebih menarik dan pasti akan membawa sukses, bukan saja dalam pergaulan, tetapi juga dalam dunia bisnis.

Etiket itu selalu ada dimana-mana bahkan di dalam masyarakat primitif sekalipun. Dengan mengucapkan selamat pagi, terima kasih atau permisi berarti seseorang mulai mengimplementasikan etiket. Cara berpakaian yang bersih dan rapi, bercakap dengan sopan santun dan membawa diri dengan wajar dan lemah lembut, sehingga enak dilihat dan didengar, adalah hal-hal yang sering kali mudah dimiliki oleh seseorang. Dengan dasar yang sudah ada ini, alangkah baiknya jika mempelajari juga adat kebiasaan orang-orang lain, bangsa-bangsa lain, juga yang bersifat internasional dan dapat diterima dimanapun dipelosok dunia, sebagai tata cara hidup yang dianggap terhormat dan wajar dalam masyarakat.

Prinsip utama etiket menurut "emily post's etiquette" adalah "sikap waspada" dalam tiap-tiap keadaan.

Untuk ini sikap tenggang rasa terhadap orang lain perlu kita perkembangkan dalam diri kita agar kita dapat diterima dan disukai dimana saja kita berada dan dalam keadaan bagaimanapun dalam masyarakat ini.

Etiket dapat menolong orang menghadapi tiap-tiap aspek dari kehidupan ini dengan teratur, dengan tenang dan dengan penuh kepercayaan diri sendiri; dan ini adalah vital untuk keberhasilan kita baik dalam pergaulan sehari-hari ataupun dalam dunia usaha.

No comments: